Breaking News

Kamis, 22 Januari 2015

Gubernur Mengajar


Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, mengingatkan seluruh masyarakat Jawa Tengah harus mau memahami tentang mitigasi bencana. Pasalnya, hampir semua wilayahnya rawan berbagai bencana, mulai banjir, tsunami, gempa bumi, angin puting beliung, gas beracun, tanah longsor, gunung api, dan kebakaran.

Hal tersebut dikemukakan Ganjar saat memberikan pelajaran tentang mitigasi bencana di hadapan ratusan siswa dan guru di aula SMA 1 Temanggung, Kamis (22/1). Dia pun memulai diskusi dengan bertanya kepada siswa dan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan bencana.

“Jawa Tengah itu rawan bencana, seperti tanah longsor contohnya di Jemblung Banjarnegara, kebakaran pasar di Wonosobo. Jadi kita semua harus memahami mitigasi bencana, mulai awal pencegahan, hingga penanganan pasca bencana. Saya berharap kepada kalian para pelajar yang akan menjadi generasi penerus benar-benar memahami mitigasi bencana,” ujarnya.

Dia menekankan pentingnya penerapan sekolah aman dari bencana, untuk melindungi anak-anak, guru, dan seluruh warga sekolah dari kematian dan cedera akibat bencana yang terjadi. Jangka panjangnya melindungi investasi di sektor pendidikan, lalu keberlanjutan pendidikan, memperkuat ketangguhan warga terhadap bencana melalui pendidikan.

Siswi kelas XII IPA3, Hikmah Febti Merina atau akrab disapa Ema menuturkan, agar soal mitigasi bencana diberikan secara rutin misalnya pelatihan layaknya ekstra kurikuler. Dengan mitigasi, korban jiwa bisa ditekan, lantaran masyarakat sudah tahu apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana.

Alfian siswa kelas XII IPA2, mengusulkan agar ada pendidikan secara khusus tentang mitigasi bencana dan dimasukan ke dalam kurikulum. Sebab selama ini hanya sebatas didapat dari mata pelajaran geografi dan kurang mendalam.

Ganjar sempat memuji pengetahuan seorang guru bernama Titisari yang tangkas saat diberi pertanyaan apa itu mitigasi, dengan menjawab bahwa mitigasi adalah usaha mencegah, mengurangi korban akibat bencana. Lalu bentuk mitigasi ada tiga, yakni pencegahan, tindakan saat terjadi bencana, lalu penanganan pasca bencana. Sutirah guru lainnya mengatakan, hadirnya Ganjar dengan mengajar secara langsung memberikan motivasi tersendiri bagi anak didiknya terutama terkait mitigasi bencana. Sebelumnya, mantan Menteri Pendidikan Bambang Sudibyo yang merupakan alumni juga pernah memberikan motivasinya di sekolah favorit di Temanggung ini.



Sumber : suaramerdeka
               netcj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012. OSIS Citta Çundara Karya
Designed By | @smasaupdate